Langkat Layak Miliki Universitas, Diusul ke Bupati Tapi Tak Ada Realisasi


Sumber : Pos Metro Medan

Setiap tahun, 12.000 hingga 13.000 siswa setingkat SMA/SMU/SMK/MA menamatkan pendidikannya di 207 sekolah negeri maupun swasta se-kabupaten Langkat. Diperkirakan, hampir 7.000 hingga 8.000 orang melanjutkan pendidikan mereka ke tingkat perguruan tinggi seperti universitas dan sekolah tinggi yang tersebar di Sumatera atau pun Pulau Jawa.

Hal itu diamini Kabid Dikmen Pendidikan dan Pengajaran (Dikjar) Langkat, Azwan.Spd dan Pusat Data Kemendikbud RI. Katanya, 80% anak-anak Langkat melanjutkan pendidikan di universitas di Medan, 10% memilih melanjutkan kuliah di pulau jawa dan 10% lagi melanjutkan pendidikan mereka di Provinsi Riau, Palembang, Sumatera Barat dan Aceh.

Tingginya minat anak-anak Langkat melanjutkan kuliah di luar daerah membuat perputaran uang yang terbang keluar Langkat cukup signifikan. Jika persemester biaya kuliah seorang anak Rp.2 jt x 8.000 siswa = Rp.16.000.000.000,-. Angka yang cukup fantastis ini setiap 1 semester terbuang ke daerah lain.

Jika Bupati Langkat H Ngogesa Sitepu SH ingin agar visi misinya di bidang pendidikan sukses, maka Kepala Dinas Pendidikan dan Pengajaran (Kadis Dikjar) yang diangkatnya harus berani teken kontrak dalam 4 tahun sisa kepemimpinanya ke depan untuk mendirikan sebuah Universitas Langkat.

“Penduduk Langkat saat ini telah lebih dari 1,2 juta jiwa dan masyarakat sudah lama mendambakan adanya universitas Langkat di kabupten Langkat. Jadi, sudah sepantasnya siapapun kadisnya Dikjar yang akan datang, harus berani teken kontrak bahwa paling lama 4 tahun sisa kepemimpinan H.Ngogesa harus mampu mendirikan universitas di Stabat ini,” kata pemerhati pendidikan Langkat,Togar Lubis.SH.MH, Sabtu (28/3/2015) di stabat

Ditambahkan Togar Lubis, bahwa setahun setelah Ngogesa menjabat sebagai Bupati Langkat periode 2009-2014 lalu, ia telah pernah menyampaikan maksud dan tujuan pendirian universitas Langkat kepada sang Bupati. Namun tak tahu alasan selanjutnya hingga program universitas Langkat itu masih sekedar wacana hingga saat ini.

“Bang Ngogesa ketika pertama kali menjabat Bupati telah saya utarakan niat pembangunan universitas tersebut, dan beliau sangat antusias, tapi saya belum mendapat alasan yang jelas hingga cita-cita luhur itu masih sekedar wacana saja hingga saat ini,” lanjut Togar. (kr-1)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: